.

.

Materi Sistem Operasi Close Source

           Open source merupakan software yang kode programnya diberika untuk umum. hal itu bertujuan agar dapat dipelajari cara kerjanya, dibah atau dikembangkan, dan disebarluaskan. Linux adalah free software sedangkan FreeBSD adalah contoh open source software. Linux dengan lisensi free software tidak dapat diubah menjadi lisensi tidak free software, sedangkan FreeBSD yang berlisensi open source software dapat diubah menjadi tidak open source. FreeBSD (open source) merupakan salah satu dasar yang digunakan untuk membuat MacOS (tidak open source).



UNIX
          UNIX termasuk sistem operasi paling awal yang digunakan pada kompputer dan merupakan induk dari sistem operasi Linux. UNIX merupakan sistem operasi komputer yang diawali dari proyek MULTICS.
Terdapat banyak versi dari UNIX yang masing-masing dikeluarkan oleh vendor yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut :

a. A/UX                Apple
b. BSD                 University of California
c. DG/UX              Data General
d. HP/UX              Hawlette-Packard
e. MS/UX              NEC
f. PC/IX                 Imteractive System Corporation
g. SCO UNIX        SCO
h. SINIX               Siemens
i. ULTRIX              DEC
j. UNICOS             Cray Research
k. UNIX                 AT&T,SCO,Sun Microsystem
l. VENIX                VenturaCom, Inc
m. XENIX              SCO/Microsoft
n. UNIXWARE       CALIFORNIA

LINUX
Sistem operAI LINUX BERwL Dri sistem operasi UNIX yang dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada tahun 1970.
Linux pada awalnya merupakan proyek hobi Linus Benedict Torvalds yang dirancang berdasarkan inspirasi sistem operasi UNIX yang lebih kecil yaitu Minix, kemudian dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.
Linux merupakan software sistem operasi yang berbasis open source dan gratis untuk digunakan dan disebarluaskan dengan lisensi dari GNU. Linux dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer dan berjalan dari jenis platform Intel x86 sampai dengan RISC.

Distro Linux
Pada Linux terdapat istilah distro. Digunakan untuk menyebut versi pada Linux. Distro Linux banyak beredar dengan berbagai fungsi yang berbeda-beda, distro yang banyak dikenal dan digunakan adalah sebagai berikut :
1. RedHat
RedHat Linux merupakan salah satu GNU/Linux yang tergolong versi lama, menawarkan kemudahan dan mode tampilan yang sepenuhnya berbasis grafis. Versi terakhir RedHat yang dirilis merupakan versi stabil dan perbaikan serta peningkatan administrasi sistem yang dilengkapi dengan desktop KDE 3.1 dan GNOME 2.2, aplikasi grafis GIMP 1.2.3, OpenOffice, KOffice, Diagram, dan aplikasi Multimedia Player.
Penggunaan RedHat hampir sama dengan sistem operasi Windows terdapat kemudahan dalam penggunaannya, antara lain dalam melakukan instalasi software, serta penggunaan aplikasi-aplikasi yang semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan didukung dengan menu grafis serta perintah yang mudah untuk diikuti.

2. Debian
Debian merupakan hasil kinerja para sukarelawan untuk membuat distro dengan kualitas tinggi dan nonkomersial. Upgrade Debian mudah dilakukan, depedensi paket didefinikan dengan baik, dan dikembangkan secara terbuka. Debian merupakan satu-satunya distro yang dikembangkan secara bersama-sama melalui internet dengan lebih dari 400 pengelola paket yang mengerjakan lebih dari 1.500 paket.
3. Mandrake/Mandriva
Mandrake dibuat berdasarkan distro RedHat disertai dengan banyak pengembangan dan aplikasi prakonfigurasi yang memudahkan para pemula pada proses awal install dengan penggunaan basis Xwindows, didukung dengan  berbagai bahasa, dan kemudahan dalam penggunaannya. Paket Mandrake telah dikompilasi dengan optimasi CPU untuk kelas Pentium (Intel,AMD,Cyrixm Winchip) dan prosesor versi yang lebih tinggi serta menghasilkan optimasi lebih dari 30%. Mandrake menggunakan paket manager yang disebut urpmi. Penanaman Mandrake digunakan pada versi 8.0, sedangkan penanaman versi 8.1-9.2 menggunakan nama Mandriva.
4. SuSe
SuSe merupakan distro Linux yang stabil dan mudah ketika melakukan deteksi hardware, mudah dikelola dan didukung penuh oleh komunitas pengembang diseluruh dunia serta memiliki dukungan sponsor dari perusahaan besar. Keunggulan SuSe dibandingkan distro Linux lainnya adalah kelengkapan pustaka dan banyaknya software yang disertakan. Fitur yang terdapat pada SuSe antara lain instalasi berbasih menu (CD-ROM), disket boot modular, buku referensi, dan YAST. Perangkat administrasi SuSe mendukung kartu grafis baru dan dapat melakukan demo secara langsung, paket SuSe dinamakan SPM (SuSe Package Manager).



Sumber : Sistem Operasi Yudihistira SMK Kelas X

 
Previous
Next Post »

Gunakan Bahasa Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon